Rayakan Peringatan HUT Langkat Ke 270 Bupati Sampaikan 7 Pesan Untuk Kemajuan

Tak Berkategori

Stabat, (Diskominfo)

Kini Kabupaten Langkat pada usiannya yang ke 270 tahun, dipimpin Bupati Langkat Bapak Terbit Rencana Perangin Angin bersama Wakil Bupati Langkat Bapak H. Syah Afandin. Berencana membawah perubahan besar, dengan menjadikan Langkat yang semakin maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan,  melalui visi misinya. Hal tersebut ditegaskan Bupati Langkat melalui 7 pesannya, pada upacara peringatan hari jadi ke – 270 negeri bertuah yang bertema Langkat maju berbudaya, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Jum’at.

Pesan pertama, agar seluruh lapisan masyarakat Langkat dari berbagai profesi, mengambil momentum HUT ini, dengan tidak pernah berhenti berupaya membentuk pribadi masyarakat yang bertaqwa dengan tetap bersendikan adat istiadat lama.

Kedua, selalu menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT serta menaruh rasa hormat dan terima kasih kepada para leluhur pendahulu, yang telah mendirikan Kabupaten ini, diawali dari sistem pemerintahan Kesultanan Langkat pada 17 Januari 1750 silam. 

Ketiga, harus tetap menjaga dan menjunjung tinggi suasana kebhinekaan di Kab. Langkat, dalam balutan NKRI.

Keempat, catatan sejarah mengungkapkan, bahwa pendiri Langkat adalah kerajaan melayu, maka budaya melayu harus tetap menjadi aikon bagi daerah ini, serta selalu menghidupkannya  bersama budaya suku bangsa lainnya. Jadi seni budaya melayu, tetaplah menjadi acuan buat semua, baik dalam menyambut tamu maupun ornamen fisik hingga warna bangunan,termasuk mengenakan busana melayu, sebagai identitas negeri ini.

Kelima, menghimbauan kepada semuanya, bahwa mulai tahun ini untuk mengenakan tanjak (ikat kelapa khas melayu), sebagai pelengkap busana melayu yang dikenakan.

Keenam, ASN Pemkab. Langkat harus memunculkan kesadaran dan rasa tanggung jawab, terhadap kemajuan dan kesejahteraan daerah ini. Ingat, satu tindakan jauh lebih bijak, dari pada ribuan kata dan rencana yang masih tetap dikepala. Mari segera berinovasi dan melakukan pembenahan serta perubahan, karena waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu, bersiaplah untuk masa depan dan berikan yang terbaik untuk hari ini

Terakhir, Bupati Langkat berpesan kepada OPD terkait dan seluruh Camat, untuk meningkatkan perhatian terhadap kemunculan ekonomi kreatif, berdasarkan potensi wilayah masing – masing,  lewat gagasan, ide – ide yang tumbuh bersama masyarakat. Sebagai salah satu upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Usai memimpin upacara, Bupati Langkat didampingin Wakil Bupati Langkat melepas pawai karnaval drumband dan mobil hias dari depan Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat. Karnaval yang menyemarakan HUT itu, diikuti para pelajar dari berbagai tingkatan, mahasiswa, TNI/Polri dan instansi Pemkab. Langkat.

Setelahnya, Bupati Langkat menghadiri rapat paripurna DPRD Kab. Langkat dalam rangka memperingati hari jadi Kab. Langkat, di Gedung DPRD Langkat, Stabat. Bupati pada sambutannya, mengharapkan dukungan dari Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat Langkat terlebih kelembagaan DPRD Langkat, agar visi dan misi yang diemban dapat tertunaikan. 

Dalam rangkaian rapat paripurna, Sekdakab. LangkatBapak  dr. H. Indra Salahudin, M. Kes, MM., menyampaikan Lintasan Sejarah Hari Jadi Kab. Langkat, dilanjutkan pemberian cendramata kepada mantan Bupati/Wakil Bupati Langkat, mantan Ketua DPRD, mantan Sekda dan keluarga para pejuang serta tokoh-tokoh yang berperan penting dalam sejarah Langkat.

Usai melaksanakan sholat jum’at di Masjid As Syuhada Stabat, selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati Langkat bersama perwakilan Gubsu Bapak Rajali selaku Kadis Sosial Provsu beserta rombongan, menghadiri resepsi hari jadi Kab. Langkat sekaligus membuka dan meninjau pameran, di Alun – Alun T. Amir Hamzah, Stabat.

Pembukaan ditandai pemotongan pita oleh ketua dan wakil TP PKK Langkat Ny. Tiorita Terbit Rencana dan Ny. Endang Syah Afandin, serta nasi tumpeng oleh Bapak Rajali. Dilanjutkan  pelepasan balon berhadiah serta burung merpati, secara bersama. Pada resepsi tersebut, Bupati Langkat bersama rombongan disambut kesenian pencak silat, serta melihat penampilan tarian budaya multi etnis. Selain itu Bupati Langkat juga mendapatkan penghargaan dari seluruh Etnis yang ada di Langkat, diserahkan oleh perwakilan etnis Ibu Imam Fauzi. 

Turut hadir Unsur Forkopimda Langkat, anggota DPRD Provsu Bapak M. Rizky Youlanda Sitepu, Ketua dan segenap anggota DPRD Langkat, Ketua DWP Langkat berserta pengurus, Para pejabat Pemkab. Langkat, Kapolres Langkat, Dandim 0203/Langkat, Kepala PN dan PA Stabat, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al-Hajj, Datok Sri Lelawangsa H. Syamsul Arifin SE, 14 tokoh etnis Langkat, Para tokoh adat/masyarakat/agama/pemuda, Para pimpinan BUMN/BUMD, Camat se – Langkat, Para pimpinan partai politik Langkat dan lapisan masyarakat Langkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *